Sunday, May 25, 2008

Duit Website

Oke..., tanpa banyak basa-basi ini pertanggung jawaban saya (admin) mengenai pembuatan website.

Pertama mengenai yang RP. 300 rebu rupiah per-taon (600 rebu 2 taon)

Dengan Rp. 300.000 doang kita hanya dapet ruang sebesar 500 megabyte. Dan setelah itu penyedia layanan ruang untuk website nggak mau tau. Kena virus kek, atau di hacker kek, atau nanti ada program yang cacat kek, and macem-macemnya. 500 megabyte merupakan ruang yang sangat kecil sekali untuk situs yang akan aku bikin, yang kebetulan jenis situs kita nanti berupa SOCIAL NETWORKING (klik disini untuk lebih jelasnya).

Dan penyedia layanan jasa penyewaan ruang untuk situs kita adalah NICSPACE (klik disini untuk lebih jelasnya) dengan perincian harga pertahun tanpa webmaster (klik disini untuk lebih jelas mengenai Webmaster) adalah (klik disini untuk perincian harga sewa ruang paket profesional).

Jadi, bisa saja Rp. 300.000 pertahun (Rp. 600.00 per dua tahun), dan nggak ada masalah. Hanya tanpa menghitung honor webmaster selama dua tahun, tanpa memperhitungkan biaya pembuatan website (tapi it's ok, karena saya yang bikin), dan tanpa memperhitungkan biaya: Download, upload, bandwidth ke telkom speedy.

Untuk itu saya mengusulkan kepada Fajar - dia meminta saya secara pribadi untuk membuat website yang ok - lewat Gun-gun dengan rincian sepertri ini.

Siap ya.....!!!

1. Tidak jadi pake Nickspace, karena ruang yang terlalu kecil dan ternyata banyak keluhan dari sesama web designer. (Klik disini, disini, disini, disini, dan disini untuk buktinya)

2. Jadi yang saya pake, yang juga banyak direkomendasikan dari segala hal, termasuk ruang yang besar untuk kita semua (2,5 Gygabyte) adalah di ImediaBiz (klik disini tuk lebih jelas) dengan harga sewa ruang untuk dua tahun adalah Rp. 958.000 (klik disini untuk melihat perincian harga, dan disini untuk Invoice-nya [imel: jedigs@gmail.com , Passwords:140175 ultah ku, hehehe.])

3. Ibaratnya kita punya gedung tempat ngumpul, lalu siapa yang bebersihnya, siapa yang ngepel lantainya, lalu siapa yang ngelapin kacanya, dan siapa satpam penjaganya yang mencegah gedung dari serangan maling atau serangan orang-orang yang tak bertanggung jawab yang bakal ngotorin gedung kita? Jangan sampe suatu saat nanti, gedung kita nggak bisa dipake sebelum masa sewanya abis karena kotor, bau dan tercemar. Siapa donk yang jaga kebersihan dan keamanan gedung kita? Jawabnya ya jelas Office boy dan satpam yang dalam hal ini kita gabungkan keduanya dan kita kasih nama "WEBMASTER". Biayanya 500 rebu pertahun, dua tahun 1 juta, setelah itu dia mau kita pensiunkan juga gak papa. Lha wong bosnya kita, anak-anak smpn 9 angkatan 90. Lalu webmasternya ini siapa? Karen aku nggak bisa, jadi aku serahkan saja penyedia jasa Webmaster.

4. Nah dalam membuat website, saya perlu online untuk melakukan proses upload, download, uplink, downlink, ini, itu, bla-bla, blu-blu and macem-macem lagi. Untuk itu saya meminta pada fajar agar menyewakan bandwidth speedy , dengan memilih paket Speedy office yang unlimited seharga Rp.750.000 (klik disini tuk lebih jelasnya) hanya untuk satu bulan saja.

5. Untuk tahun-tahun berikutnya kita (itu kalo aku dan kalian semua ikut nyumbang) atau Fajar (kalo kita nggak malu and dia masih mau men-suplly) hanya membayar 958.000 rupiah per dua tahun. Tanpa web master, tanpa bandwidth speedy.

6. Jadi total biayanya (semuanya) :
Sewa ruang (958.000) + biaya transfer (5000) = 963.000
Webmaster (1.000.000)
Bandwidth Speedy (750.000) + ppn 10% (75.000) = 825.000

Jumlah-jamleh = 963.000 + 1.000.000 + 825.000 = 2.788.000

7. Kita minta ke fajar segitu, tapi fajar ngasih ke kita 3.000.000. Jadi ada sisa duit 212.000 rupiah. Yang 200 rebu, aku kasihin ke Gun-gun tuk beli pulsa selama kontek-kontekan ma fajar (dia nolak tapi aku paksa karena tanpa dia siapa yang berani kontak ke Fajar dengan penuh rasa malu untuk website kita), yang 12.000 aku embat tuk capcay goreng (aku nggak makan nasi) ma teh botol Rp 10.000. Sisa duit yang ada di tangan ku sekarang tinggal 2.000 rupiah.

3 comments:

Anonymous said...

Mau buat social networking pake apa itu? buat sendiri? salut euy....

VeryNice said...

Wah kalo mau sih hosting di singapur aja, dgn harga yg hampir sama, dapet kapasitas 2 kali lebih besar.

Anonymous said...

Met malem bos....
Ma'af baru sempat gabung nih (maklum gaptek/baru bisa komputer), kalo ada yg bisa saya bantu...hubungi saya bos, khususnya masalah pulsa (kebetulan kecil-kecilan jualan pulsa di rumah).
Kapan-kapan kalo ada pertemuan kasih kabar ya...
sekian dulu tar disambung lagi, atau kalau ada yg mau mampir ke gubuk saya...dengan senang hati pintu saya selalu terbuka untuk teman-teman semua.


Salam,
Marsudi - PRISMA Comm
Jl. Pajajaran Dalam No. 72A/72
Rt/Rw: 004/004 Bandung 40174
Telp. 022-91752203; 022-6071642

Design by Dzelque Blogger Templates 2008

Dzelque 2008 Jedig 2008